Seiring kemajuan teknologi dan tuntutan mahasiswa dalam hal pelayanan, unit penyelenggara pendidikan dituntut untuk memenuhi harapan mahasiswa dalam melaksanakan perbaikan pelayanan. Pelayanan akademik yang baik dapat mempengaruhi kepercayaan mahasiswa dalam hal memilih program studi. Selain itu pelayanan yang baik dapat memberikan kenyamanan mahasiswa dalam kegiatan belajar.
Pelayanan akademik yang diberikan oleh Program Studi Manajemen Dakwah kepada para mahasiswa sejauh ini sudah baik dan mendapat respon positif dari mahasiswa. Hal tersebut ditunjukan pada survei yang dilakukan prodi Manajemen Dakwah yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 14 Juli 2020. Survei tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan prodi Manajemen Dakwah. Dengan survei ini bisa digunakan sebagai pedoman untuk perbaikan pelayanan kedepannya.
Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa koesioner yang disebar kepada para responden dengan melalui google form. Responden dari penelitian ini adalah para mahasiswa dan dosen prodi Manajemen Dakwah. Terdapat 42 orang mahasiswa dari seluruh angkatan dan terdapat 2 orang dosen mengisi angket penelitian segingga total responden adalah 44 orang. Dalam penelitian ini menggunakan pengukuran skala likert dengan nilai 1-5. 1 menunjukkan nilai paling rendah dan nilai 5 menunjukkan nilai paling tinggi.
Nilai 1 : Sangat Tidak Puas.
Nilai 2 : Tidak Puas.
Nilai 3 : Lumayan Puas
Nilai 4 : Puas
Nilai 5 : Sangat Puas
PENGOLAHAN DATA DAN HASIL
Adapun dalam pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS dengan hasil sebagai berikut:
Uji Validasi
Pertanyaan
r Hitung
r Tabel
Keterangan
1
0,844
0.2907
VALID
2
0,746
0.2907
VALID
3
0,821
0.2907
VALID
4
0,671
0.2907
VALID
5
0,828
0.2907
VALID
6
0,631
0.2907
VALID
7
0,819
0.2907
VALID
8
0,749
0.2907
VALID
9
0,752
0.2907
VALID
10
0,825
0.2907
VALID
11
0,819
0.2907
VALID
Output SPSS Uji Validasi
Dari tabel diatas dapat di simpulkan bahwa seluruh pertanyaan terbukti VALID karena seluruh nilai r hitung lebih besar dari r tabel.
Uji Reability
Reliability Statistics
Cronbach’s Alpha
N of Items
,930
11
output SPSS uji Reability
Dari tabel diatas dapat di simpulkan bahwa seluruh jawaban dari responden terbukti RELIABEL atau konsisten. Karena nilai Cronbach’s Alpha (0,930) lebih besar dengan nilai r tabel (0,2907).
Diagram Batang
Variabel Kredibilitas
Kredibilitas
Frequency
Percent
Valid Percent
Cumulative Percent
Valid
3,00
10
22,7
22,7
4,00
27
61,4
61,4
84,1
5,00
7
15,9
15,9
100,0
Total
44
100,0
100,0
Tabel Variabel Kredibilitas
Output SPSS Variabel Kredibilitas
Variabel Keterbukaan
Keterbukaan
Frequency
Percent
Valid Percent
Cumulative Percent
Valid
3,00
11
25,0
25,0
4,00
24
54,5
54,5
79,5
5,00
9
20,5
20,5
100,0
Total
44
100,0
100,0
Tabel Variabel Keterbukaan
Output SPSS Variabel Keterbukaan
Akuntabilitas
Akuntabilitas
Frequency
Percent
Valid Percent
Cumulative Percent
Valid
3,00
11
25,0
25,0
4,00
27
61,4
61,4
86,4
5,00
6
13,6
13,6
100,0
Total
44
100,0
100,0
Tabel Variabel Akuntabilitas
Output SPSS Variabel Akuntabilitas
Religiusitas Dosen
ReligiusitasDosen
Frequency
Percent
Valid Percent
Cumulative Percent
Valid
2,00
1
2,3
2,3
3,00
9
20,5
20,5
22,7
4,00
22
50,0
50,0
72,7
5,00
12
27,3
27,3
100,0
Total
44
100,0
100,0
Tabel Variabel Religiusitas Dosen
Output SPSS Variabel Religiusitas Dosen
Bimbinan Akademik
Bimbingan Akademik
Frequency
Percent
Valid Percent
Cumulative Percent
Valid
2,00
3
6,8
6,8
3,00
10
22,7
22,7
29,5
4,00
20
45,5
45,5
75,0
5,00
11
25,0
25,0
100,0
Total
44
100,0
100,0
Tabel Variabel Bimbingan Akademik
Output SPSS Variabel Bimbingan Akademik
Bimbingan Skripsi
BimbinganSkripsi
Frequency
Percent
Valid Percent
Cumulative Percent
Valid
1,00
2
4,5
4,5
2,00
1
2,3
2,3
6,8
3,00
15
34,1
34,1
40,9
4,00
19
43,2
43,2
84,1
5,00
7
15,9
15,9
100,0
Total
44
100,0
100,0
Tabel Variabel Bimbingan Skripsi
Output SPSS Variabel Bimbingan Skripsi
Kurikulum
Kurikulum
Frequency
Percent
Valid Percent
Cumulative Percent
Valid
2,00
3
6,8
6,8
3,00
12
27,3
27,3
34,1
4,00
22
50,0
50,0
84,1
5,00
7
15,9
15,9
100,0
Total
44
100,0
100,0
Tabel Variabel Kurikulum
Output SPSS Variabel Kurikulum
Kompetensi Dosen
Kompetensi_Dosen
Frequency
Percent
Valid Percent
Cumulative Percent
Valid
2,00
2
4,5
4,5
3,00
9
20,5
20,5
25,0
4,00
23
52,3
52,3
77,3
5,00
10
22,7
22,7
100,0
Total
44
100,0
100,0
Tabel Variabel Kompetensi Dosen
Output SPSS Variabel Kompetensi Dosen
Suasana Akademik
Suasana_Akademik
Frequency
Percent
Valid Percent
Cumulative Percent
Valid
2,00
4
9,1
9,1
3,00
16
36,4
36,4
45,5
4,00
20
45,5
45,5
90,9
5,00
4
9,1
9,1
100,0
Total
44
100,0
100,0
Tabel Variabel Suasana Akademik
Output SPSS Variabel Suasana Akademik
Relasi Dosen dan Mahasiswa
Relasi_DosendanMahasiswa
Frequency
Percent
Valid Percent
Cumulative Percent
Valid
2,00
2
4,5
4,5
3,00
9
20,5
20,5
25,0
4,00
25
56,8
56,8
81,8
5,00
8
18,2
18,2
100,0
Total
44
100,0
100,0
Tabel Variabel Relasi Dosen dan Mahasiswa
Output SPSS Variabel Relasi Dosen dan Mahasiswa
Respon terhadap Masukan dan Kritikan
ResponterhadapMasukandanKritikan
Frequency
Percent
Valid Percent
Cumulative Percent
Valid
2,00
1
2,3
2,3
3,00
13
29,5
29,5
31,8
4,00
21
47,7
47,7
79,5
5,00
9
20,5
20,5
100,0
Total
44
100,0
100,0
Tabel Variabel Respon Terhadap Masukan Dan Kritikan
Output SPSS Variabel Respon Terhadap Masukan Dan Kritikan
Demikian laporan penelitian tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik prodi Manajemen Dakwah IAIN Surakarta.