Mahasiswa Manajemen Dakwah dengan Peminatan Manajemen Pariwisata Islam (MPl) Angkatan 2021 Berhasil Menyelesaikan PPL di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta

Penyerahan Mahasiswi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Program Studi Manajemen Dakwah dengan peminatan Manajemen Pariwisata Islam (MPl) angkatan 2021 kelompok 4 dengan dosen pembimbing lapangan Bapak M Raqib S.E., M.Pd. yang dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Maret 2024. Adapun anggota kelompok 4 terdiri dari 6 orang mahasiswi, yakni:

  1. Duwana Aritonang
  2. Anis Safitri
  3. Prayunita Ira Setyowati
  4. Maya Tri Kusumawati
  5. Alvia Diva Syahrani
  6. Ladyana Mutiara Susilo

Program PPL mahasiswa ini mulai berlangsung dari 4 Maret sampai dengan tanggal 22 April 2024. Selama satu bulan lebih tiga minggu, mahasiswi akan terlibat dalam berbagai kegiatan yang terkait dengan Pelayanan kepada wisatawan, MC, Ticketing, Promosi dalam pertunjukan Wayang Orang Sriwedari Surakarta. Kegiatan PPL ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru serta mengembangkan skill diri khususnya pada bidang manajemen pariwisata yang dapat bermanfaat pada masa yang akan datang.

Kegiatan PPL dimulai dengan Pelayanan kepada wisatawan, mengembangkan skill MC, mempelajari Ticketing serta membuat konten Promosi pada pertunjukan wayang orang sriwedari Surakarta. Penjelasan mengenai sistem kerja Di Gedung Wayang Orang Sriwedari yang disampaikan oleh Ibu Sri Utami, S.E. selaku Kepala Bidang Kepegawaian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta. Acara serah terima dilakukan di ruang rapat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, Ibu Sri Utami, S.E. memberikan dukungan dan juga arahan kepada mahasiswi yang terlibat dalam program ini.

Tak lupa dengan Bapak M. Raqib, S.E., M.Pd. selaku DPL yang menyampaikan rasa terimakasih atas kerjasama yang terjalin antara Universitas dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, beliau juga memberikan ucapan terimakasih kepada pihak Dinas karena telah menerima mahasiswi MD untuk melakukan PPL di sini.
Beliau juga berharap temen-teman mahasiswi MD bisa menggali ilmu sebanyak-banyaknya serta dapat mempraktikkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan PPL ini diharapkan menjadi wadah bagi mahasiswi untuk bisa mempertahankan nilai seni yang bisa di ambil dan dipelajari selama proses magang berlangsung, dari memahami tema wayang orang, manajemennya, dan struktur kegiatannya.

Related posts