Mahasiswa Manajemen Dakwah Lulus Ujian Sertifikasi Kompetensi BNSP

Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah (FUD) Universitas Islam Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan program Ujian Sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk seluruh mahasiswa Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, yang terdiri dari rangkaian kegiatan pelatihan satu hari dan kegiatan ujian dua hari. Lokasi kegiatan dilaksanakan di Aula Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah.

Dalam kegiatan ini sekitar 35 mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah berhasil lulus Sertifikasi Tour Operation Dan Tour Guiding.

Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah sangat antusias mengikuati sertifikasi karena memiliki beberapa tujuan dalam mengikuti Sertifikasi Tour Operation dan Tour Guiding dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

  1. Pengembangan Kompetensi: Sertifikasi ini membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang spesifik dalam bidang operasi tur dan pemanduan wisata, yang dapat melengkapi ilmu yang mereka pelajari dalam manajemen dakwah.
  2. Peluang Kerja yang Lebih Luas: Dengan sertifikasi ini, mahasiswa dapat memiliki peluang kerja yang lebih luas, termasuk di sektor pariwisata dan perjalanan. Mereka bisa bekerja sebagai tour guide atau mengelola operasi tur, yang mungkin memerlukan keterampilan tambahan di luar dakwah.
  3. Pengetahuan Interdisipliner: Memperoleh sertifikasi dalam bidang tur dan pemanduan wisata memungkinkan mahasiswa untuk memiliki pengetahuan interdisipliner yang menggabungkan manajemen dakwah dengan pariwisata. Ini bisa bermanfaat untuk mengembangkan program wisata religi atau ziarah, yang memerlukan pemahaman baik tentang dakwah maupun pariwisata.
  4. Pengakuan Profesional: Sertifikasi dari BNSP memberikan pengakuan profesional yang dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan diri mahasiswa dalam industri pariwisata. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa mereka memiliki standar kompetensi yang diakui secara nasional.
  5. Pengembangan Karier: Sertifikasi ini bisa membuka jalur karier baru bagi mahasiswa di bidang pariwisata dan perjalanan. Mereka dapat mengaplikasikan ilmu manajemen dakwah dalam konteks yang lebih luas, seperti mengorganisir perjalanan religi atau edukasi dakwah melalui tur.
  6. Peningkatan Kualitas Layanan: Dalam menjalankan profesi sebagai pemandu wisata atau pengelola tur, sertifikasi membantu mahasiswa memberikan layanan yang berkualitas tinggi kepada wisatawan. Ini termasuk pemahaman tentang keselamatan, pelayanan pelanggan, dan pengelolaan tur yang efektif.

Secara keseluruhan, mengikuti sertifikasi ini dapat memberikan nilai tambah yang signifikan bagi mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah, baik dalam hal keterampilan, peluang kerja, maupun pengembangan karier.

Related posts