RAPAT AWAL PERKULIAHAN PRODI MANAJEMEN DAKWAH – SEMESTER GENAP 2024

Pada hari Jumat, 26 Januari 2024, Prodi Manajemen Dakwah (MD) UIN Raden Mas Said Surakarta menggelar rapat persiapan awal perkuliahan semester genap 2024/2025 melalui platform Google Meet. Berikut adalah empat hal yang disampaikan kepada para dosen pengampu mata kuliah:

  1. PENYUSUNAN RPS DAN SILABUS
  • Para dosen diminta untuk menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Silabus dengan integrasi antara Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Tujuannya adalah untuk mencapai kesejajaran antara tujuan pembelajaran mahasiswa dan isi mata kuliah.
  1. PENGANTAR PERKULIAHAN BILINGUAL
  • Dosen diharapkan menggunakan pengantar perkuliahan bilingual, yaitu dalam bahasa Arab dan Inggris. Langkah ini dilakukan dalam rangka mencapai Glokalisasi UIN Raden Mas Said, memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dalam aspek kebahasaan.
  1. EVALUASI PENUGASAN BERBASIS OUTCOME
  • Penugasan kepada mahasiswa harus berbasis outcome, seperti artikel ilmiah yang dipublikasikan atau diseminarkan, atau karya tulis yang dipublikasikan di media. Penugasan yang mendukung reakreditasi program studi dan mahasiswa yang mampu mencapai outcome tertentu dapat dijanjikan nilai A+.
  1. DINAMISASI ANGKATAN
  • Mahasiswa angkatan 2023 akan mendapatkan 20 SKS pada semester genap ini. Angkatan 2022 sudah memulai mata kuliah peminatan, dan dosen diharapkan dapat mengarahkan pada peluang riset di peminatan masing-masing. Angkatan 2021 akan menjalani Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) selama 1 bulan.

Rapat ini juga menjadi kesempatan untuk menyampaikan Amanat Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta, yaitu Lurik (Loyal, Unggul, Responsif, Inovatif, dan Kolaboratif). Dosen diharapkan dapat mengimplementasikan amanat ini dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi.

Acara ini dihadiri oleh dosen dan perwakilan angkatan mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah. Semoga persiapan awal perkuliahan ini menjadi landasan yang kokoh untuk mencapai kesuksesan bersama. Selamat menyambut semester genap 2024/2025!