MAHASISWA MANAJEMEN DAKWAH KONSENTRASI MANAJEMEN PARIWISATA ISLAM 2021 MELALUKAN OUTING CLASS DI DESA WISATA TINALAH, KULON PROGO, YOGYAKARTA

Kulon Progo, 22 November 2023 – Telah terlaksana kegiatan Outing Class Mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah. Kunjungan kali ini dilaksanakan pada Desa Wisata Tinalah yang terletak di Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa konsentrasi Manajemen Pariwisata Islam Angkatan 2021 yang berjumlah 31 Mahasiswa/i. Didampingi oleh Dosen Pariwisata yaitu Rini Wulandari, S.PAR., M.Sc.

Acara dimulai pada pukul 10.00 dengan pembukaan oleh Bapak Panggih selaku Ketua Desa Wisata Tinalah sekaligus sambutan dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia.

Kegiatan ini terdiri dari Outbond, Fun Tubing, dan penyampaian materi. Setelah sambutan, dilanjutkan dengan kegiatan Outbond yang dipandu langsung oleh pemandu wisata Desa Tinalah. Selanjutnya, kegiatan Fun Tubing di sungai kurang lebih selama 45 menit. Dalam sesi kegiatan ini mahasiswa sangat aktif dan kegiatan ini juga melatih kekompakan mahasiswa.

Acara selanjutnya yaitu ishoma. Kemudian pukul 15.30 masuk acara pemaparan materi mengenai pengelolaan desa wisata dan juga digital marketing. Pemaparan materi disampaikan oleh Bapak Bambang selaku pengelola bagian marketing Desa Wisata Tinalah. Beliau menyampaikan bahwa lahirnya Desa Wisata Tinalah dengan konsep wisata PENDINGDAYA (Pendidikan, Lingkungan dan Budaya) berawal dari modal tekad, semangat, dan kreatifitas dari Forum Komunikasi Masyarakat Tinalah (FKMT). Selanjutnya terkait pemasaran Desa Wisata Tinalah, beliau menyampaikan awal mula pemasaran hanya di lakukan di Facebook dan Door to Door ke SD, SMP, dan SMA.

Acara yang selanjutnya ialah sesi tanya jawab. Mahasiswa sangat aktif bertanya dan antusias dalam mengikuti sesi acara ini.

Acara selesai. Selajutnya acara ditutup dengan doa dan jargon dari Desa Wisata Tinalah.

Related posts